Kamis, Desember 15, 2011

Jangan Menyerang Pihak Yang Berbeda

Ada oknum kompasioner yang dalam beberapa hari terakhir ini cenderung menyerang pihak yang berbeda pendapat dengan dirinya. Menggunakan nama yang singkat dan penjelasan tentang dirinya yang juga singkat, kompasioner ini - dalam pandangan saya - hanya bermaksud membangun opini dalam rangka mendukung pendapatnya. Dua postingannya hanya merupakan reposting dari tulisan yang secara sepihak juga menyerang ormas tertentu.

Diskusi mengenai hari lebaran yang benar tidak akan pernah ada habisnya, karena masing-masing mempunyai dasar. Kekuatan argumen yang disusun berdasar nash Al Qur’an dan hadits yang didukung ilmu pengetahuan, sama-sama dimiliki oleh kedua belah pihak.

Dalam postingan saya beberapa hari lalu, saya menulis dengan judul Perbedaan dalam Kebersamaan yang intinya menegaskan bahwa perbedaan ini bukan sesuatu yang perlu dibesar-besarkan. Terlepas dari dampaknya, perbedaan itu menunjukkan dinamika umat yang sampai tataran tertentu, tetap dapat dicari persamaannya.

Jika kita memang mencintai umat dan bangsa ini, marilah kita saling introspeksi. Menghargai perbedaan dengan tidak saling menyakiti. Postingan yang cenderung menyudutkan, dalam masa-masa silaturrahmi ini sebaiknya kita hindari. Lebih baik energi yang kita miliki disalurkan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat.

Wallahu a’lam bish shawaab.

Tidak ada komentar: