Kamis, Oktober 11, 2007

MEMPERKUAT ORGANISASI

Organisasi pemerintahan dijalankan oleh para pejabat struktural, mulai dari eselon tertinggi hingga terendah, ditambah dengan sejumlah pegawai negeri yang bukan pejabat struktural, serta pegawai honor. Kekuatan organisasi ini terletak pada pejabat eselon terendah, yaitu para Kepala Seksi atau Kepala Sub Bagian.
Mengapa demikian? Pada merekalah seluruh detail pekerjaan dan tugas terkonsentrasi. Juga pada merekalah pemahaman yang paripurna mengenai aspek tertentu dari tugas organisasi itu berada. Seorang Kepala Dinas bisa saja pintar dan menguasai banyak keahlian, namun ia tidak akan punya cukup waktu untuk mengurusi hal-hal kecil yang bersifat detail. Seorang penyelia, bisa saja memiliki kemampuan untuk itu, namun ia harus membagi konsentrasi pada aspek lain dalam tugasnya.
Oleh karena itu, agar organisasi pemerintahan bisa berjalan dengan baik, pejabat struktural pada eselon terendah harus dioptimalkan pengetahuan dan kemampuannya, serta tidak boleh dimutasikan secara serampangan tanpa melalui pertimbangan yang matang atas usul pimpinannya.

Tidak ada komentar: