Minggu, November 04, 2007

TUGAS SEORANG PAMONG

Saat berada di Palembang, saya bertemu dengan seorang rekan satu Almamater. Dia bertanya mengenai jabatan saya saat ini, yang saya jawab bahwa saya adalah seorang Camat. Dia tertawa dan menyelamati saya dengan ucapan "Selamat menjalankan tugas yang tidak masuk akal."

Menjalankan tugas sebagai pamong memang kadang tidak masuk akal. Kita diundang untuk memberikan sambutan dalam sebuah acara, tapi tidak disenangi jika bicara lama-lama. Kita didatangi ketika orang bersengketa, tetapi keputusan kita tidak mampu mengikat secara ketat.

Jika organisasi perangkat daerah lain melaksanakan suatu acara, tidak sah rasanya jika Camat tidak hadir. Tetapi kehadiran kita hanya sekedar untuk meramaikan acara. Atau agar acara itu terlihat lebih berkualitas. Celakanya, masih saja dianggap tidak punya pekerjaan. Memang sebagian besar waktu kerja yang dimiliki oleh seorang camat, habis untuk hadir di acara yang satu ke acara yang lain. Mendukung program Dinas ini dan itu, atau sekedar memamerkan diri di hadapan masyarakat.

Begitulah tugas seorang pamong. Berat tapi hampa.

Tidak ada komentar: