Sabtu, November 10, 2007

ADA APA SESUDAH PILGUB?


Pilgub Sulawesi Selatan 5 November sudah berlalu, namun hasil penghitungan suara secara resmi baru akan diumumkan pada tanggal 16 November 2007 yang akan datang. Pertanyaannya adalah, ada apa setelah pilgub nanti? keterlibatan birokrasi dalam proses pilkada - yang tidak bisa dibebaskan secara tuntas - akan berdampak pada sikap dan perilaku calon terpilih terhadap "lawan politik"nya.

Sebagaimana biasa, setiap sebuah proses suksesi berlalu, akan diikuti dengan "pembabatan." Orang-orang yang berjasa terhadap sang calon akan menuai perlakuan manis dalam lima tahun ke depan, sebaliknya, yang ketahuan berseberangan, siap-siap menanggung resiko diparkir atau diabaikan.

Pada saat seperti itu, potensi-potensi SDM yang seharusnya bisa dimanfaatkan pada diri seorang birokrat, terkubur dalam-dalam oleh "dendam politik" dari calon terpilih. Dengan kondisi itu, derap langkah kemajuan daerah dipastikan tidak akan berjalan optimal.

Terlepas dari siapa yang akan menang nantinya, roda birokrasi harus terus berjalan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, karena pilkada, berdasarkan tujuannya, adalah untuk memberikan akses bagi masyarakat untuk memilih pemimpin terbaik yang akan membawanya menyeberangi berbagai kesulitan hidup.

Tidak ada komentar: