Sabtu, Februari 12, 2011

LINGKARAN SETAN KETERTINGGALAN POLITIK

Selama ini kita telah mengenal lingkaran setan kemiskinan, yang ditengarai menjadi siklus tak berputus, yang membuat masyarakat miskin tetap saja miskin. Namun ada hal yang jauh lebih parah, yang menjadi penyebab kemiskinan itu, yaitu lingkaran setan ketertinggalan politik.

Masyarakat kita miskin dan kurang cerdas, berakibat rendahnya kemampuan mereka dalam melakukan hak politik. Mereka gampang dibutakan oleh money politic, gampang diprovokasi dan diintimidasi, sehingga dalam menentukan pilihan atas pemimpin dan wakil mereka, lebih didasari oleh kepentingan sesaat. Dengan begitu, pemimpin yang terpilih, atau wakil rakyat yang terpilih, lebih merupakan produk dari keterbatasan mereka.

Hasilnya tentu bisa diduga, pilihan mereka bukan pemimpin terbaik dan wakil rakyat terbaik yang amat kita butuhkan untuk mengangkat derajat dan kehidupan bangsa ini menjadi lebih baik. Banyak calon yang sebetulnya potensial, namun terpaksa minggir karena tidak mampu bermain dalam suasana dan kondisi seperti ini.

Ujung-ujungnya, pemimpin dan wakil rakyat yang duduk di kursi empuk, tak mampu menghasilkan kebijakan yang berpihak pada kepentingan rakyat. Mereka sibuk bekerja, namun tak bisa berhasil dengan efektif, karena modal dasar SDM yang kurang memadai. Hasil akhirnya adalah rakyat tetap saja miskin dan bodoh.

Status quo....!!

Tidak ada komentar: