Sabtu, Agustus 30, 2008

SAMBUTAN CAMAT TEMPE DALAM RANGKA MENYAMBUT BULAN SUCI RAMADHAN 1429 H




Assalamu ‘Alaikum Wr.wb.

Kaum Muslimin dan Muslimat se Kecamatan Tempe dan jama’ah Tarwih yang berbahagia.
Sudah sepantasnya kita semua memanjatkan puji dan syukur yang tiada terhingga ke hadirat Allah Swt, karena pada malam hari ini, kita kembali memasuki Bulan Suci Ramadhan 1429 H dalam keadaan sehat wal afiat. Semoga nikmat dan karunia-Nya yang kita rasakan selama ini, semakin menjadikan kita hamba yang pandai mensyukuri nikmat.

Shalawat dan salam, tak lupa kita kirimkan atas junjungan kita Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarga, sahabat dan para pengikutnya, demikian pula kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat yang mengikuti ajaran beliau, hingga akhir zaman.

Hadirin dan Kaum Muslimin sekalian yang berbahagia,

Tanpa terasa, satu tahun berlalu, sejak kita menyambut Bulan Suci Ramadhan 1428 Hijriyah. Selama kurun waktu satu tahun itu, pastilah banyak hal yang terjadi dan menimpa kita. Apakah itu sesuatu yang menggembirakan, atau menyedihkan. Namun satu hal yang pasti, setiap peristiwa yang kita alami tentu memberikan manfaat bagi peningkatan kualitas kita sebagai insan yang beriman.

Datangnya Bulan Suci Ramadhan kali ini, tetap diwarnai dengan berbagai permasalahan yang berdampak langsung terhadap kehidupan kita. Diantaranya kenaikan harga BBM, yang ternyata juga disertai dengan kelangkaan dalam distribusinya. Hal itu berdampak langsung terhadap aspek-aspek kehidupan kita lainnya. Meskipun demikian, tidak berarti rasa sukacita kita dalam menyambut bulan ini menjadi berkurang. Suasana religius yang menyertai datangnya bulan suci ini, tetap memberikan dorongan yang kuat, untuk memanfaatkan setiap detik di bulan ini dengan mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Agar ibadah kita dalam Bulan Ramadhan kali ini tetap berlangsung dengan khusyu dan khidmat, maka perkenankanlah saya menyampaikan kepada kita semua, beberapa hal sebagai berikut :

Pertama, marilah kita berusaha menjaga kesucian Bulan Ramadhan ini, dengan memperbanyak ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah, semoga di akhir ramadhan nanti, kita termasuk dalam golongan orang yang ketaqwaannya semakin meningkat saat berlalunya bulan penuh ampunan ini.

Kedua, marilah kita saling menghormati dan saling memberikan kesempatan yang seluas-luasnya untuk menjalankan ibadah puasa serta amaliah ramadhan lainnya dengan baik. Bagi yang kebetulan berhalangan dalam menjalankan ibadah puasa, hendaknya tidak makan dan minum secara demonstratif di tempat-tempat umum. Demikian pula kepada para pemilik Restoran, warung makan dan pedagang kaki lima yang menjajakan makanan dan minuman, agar dilakukan secara terbatas.

Ketiga, tingkatkan kepekaan dan solidaritas kita terhadap sesama manusia, tumbuhkan rasa peduli terhadap penderitaan orang lain yang kebetulan kurang beruntung.

Keempat, tingkatkan kewaspadaan terhadap ancaman bahaya kebakaran. Saling mengingatkan dan saling peduli di antara sesama tetangga, demi menjaga keselamatan diri dan harta benda kita bersama.

Kelima, Suasana menjelang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Wajo, hendaknya tidak mengurangi kekhusyukan kita dalam menjalankan ibadah ramadhan. Marilah kita tetap berusaha menjaga silaturahmi dengan sesama umat, dengan saling menghormati dan saling menghargai pilihan masing-masing.

Kaum Muslimin dan hadirin yang berbahagia,

Akhirnya, saya atas nama pribadi dan keluarga, juga atas nama seluruh jajaran Pemerintah Kecamatan Tempe, menyampaikan ucapan selamat memasuki Bulan Suci Ramadhan 1429 H, dan selamat menunaikan Ibadah Puasa. Semoga amal ibadah yang kita jalankan di bulan Ramadhan ini, mendapatkan ridho dan balasan pahala yang berlipat ganda dari Allah Swt. Amin yaa Rabbal alamin.

Sekian dan terima kasih, wabillahi taufik wal hidayah, wassalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar: